Skip to main content

Tips Memilih Webhosting



Memilih Web Hosting itu...
Sudah kita ketahui, saat ini sudah menjadi hal sangat menjamur untuk layanan Web Hosting khususnya di Indonesia membuat calon customer harus berhati – hati dalam menjatuhkan pilihan. Profesionalitas perusahaan web hosting sangat menentukan nasib website Anda. Tentunya kalian gak dong mau sembarang memilih? Nah, berikut beberapa tips memilih web hosting  untuk Anda :

1. Cek Usia Perusahaan Web Hosting

Kita tentunya tidak mau jika hari ini kita daftar bulan depan perusahaannya sudah gulung tikar, cara efektif adalah menggunakan fasilitas WHOIS Search, Domain Name, Website, and IP Tools - Who.is

2. Lokasi Perusahaan

Mengingat saking banyaknya web hosting provider di Indonesia, yang rata-rata:
Tidak berbadan usaha;
Tidak memiliki lokasi fisik yang jelas;
Kelangsungan hidupnya antara beberapa bulan hingga 1 tahun saja, kesetelah itu menghilang tanpa jejak.
Bagi sebuah perusahaan besar ini bisa menjadi masalah. Misalnya: data website/database Anda tiba-tiba hilang karena server sudah tidak online berikut si pengurus hosting tidak bisa dihubungi untuk Anda minta datanya. Atau nama domain Anda jadi tersandera karena kontak/password domain ada pada pihak hosting.

3. Hak atas Domain dan Hosting yang Anda Beli

Pastikan Anda mempunyai hak akses penuh atas domain dan hosting Anda. Saat ini masih banyak perusahaan yang tidak memberikan hak akses penuh atas domainnya, sehingga menyulitkan jika konsumen ingin melakukan pindah hosting apalagi melakukan transfer domain ke perusahaan lain.

4. Harga Vs Kualitas

Sering kali pemain bisnis hosting yang baru terjun di bisnis ini hanya memperhitungkan resource space dan traffic limit. Padahal di luar itu banyak sekali batasan – batasan lain sebuah server di antaranya adalah CPU load dan Memmory. Oleh karena itu jika harga yang di tawarkan sangat murah maka konsekuensinya adalah pengurangan – pengurangan fasilitas hosting yang berpotensi besar menimbulkan beban berlebih pada server.

5. Jangan tergiur dengan istilah ‘Unlimited’

Aplikasi Serba Unlimited ? Sangat Mustahil ! Aplikasi yang biasanya dapat membuat CPU load menjadi tinggi di antaranya adalah web itu sendiri, database, mailing list, dan FTP. Untuk itu biasanya perusahaan web hosting membatasi jumlah mailing list, FTP account, dan database untuk menjaga reliabilitas layanan. Selain itu traffic per bulan juga dibatasi dengan asumsi jika traffic tinggi, maka beban server juga tinggi.

7. Alokasi Bandwitdh

Setiap akses ke website Anda, maka traffic anda pun akan naik hal ini akan mempengaruhi bandwith yang di berikan sekaligus apabila kapasitas bandwith yang di sediakan habis maka anda akan dikenakan biaya tambahan namun sejauh ini hal ini masih belum terlalu penting pengaruhnya, namun jika suatu saat traffic anda sangat tinggi perlu memperhatikan kapasitas yang diberikan oleh penyewa webhosting.

8. Lokasi Datacenter

Banyak user yang bingung dalam memilih lokasi server saat dihadapkan pada pilihan IIX, USA, & Singapura, ibarat memilih partai politik, salah memilih kecewa sesudahnya.

9. Support
Perusahaan hosting yang dikelola secara profesional adalah selalu online 24 jam penuh 7 hari seminggu, cepat tanggap, sabar dalam melayani. Perusahaan hosting tersebut harus menyediakan berbagai media komunikasi seperti YM/GTalk, email, telp, dll. Apabila Anda baru pertama kali berurusan dengan hosting, pasti akan banyak kendala yang akan Anda hadapi. Oleh karena itu, support yang sangat cepat dan selalu ada kapan pun tentu saja sangat Anda butuhkan.

10. Software Billing System

Nah, Ini aspek yang paling penting yang jarang diperhatikan. Tahukah anda bahwa anda memiliki kemampuan untuk menutup / membuat bangkrut sebuah perusahaan hosting yang menggunakan Software bajakan / tanpa lisensi. ada banyak jenis billing software untuk mengelola billing seperti clientexec, whmcs dll. salah satunya yang sering digunakan karena kemudahannya adalah whmcs.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Middleware Telematika

Dunia teknologi informasi, terminologi middleware adalah istilah umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram / aplikasi yang telah ada. Middleware merupakan software yang berfungsi sebagai lapisan konversi atau penerjemah. Middleware didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer-layer TCP/IP. Middleware bisa juga disebut protokol. Protokol komunikasi middleware mendukung layanan komunikasi aras tinggi. Perkembangan middleware dari waktu ke waktu dapat dikatagorikan sebagai berikut: 1.On Line Transaction Processing (OLTP), merupakan perkembangan awal dari koneksi antar remote database. Pertama kali ditemukan tahun 1969 oleh seorang engineer di Ford, kemudian diadopsi oleh IBM hingga kini dikenal sebagai proses OLTP. DIGITAL ACMS merupakan contoh lainnya yang sukses pada t

"Berikan Aku Nafas" Kata Buku...

Akhirnya, setelah sekian lama aku membiarkan buku-buku ku menumpuk didalam lemari, berdesak-desakan dan beberapa berserakan di meja dan menumpuk di lantai. Aku berinisiatif untuk membelikan rumah bagi buku-buku ku itu alias Rak buku.. Iseng-iseng ngeliat model Rak buku bikinan para desainer interior, ternyata cukup unik, ini beberapa diantaranya : Rak Buku Miring http://www.rudydewanto.com/2010/07/rak-buku-unik.html   Rak buku yang biasanya pakem bentuk  potongan horisontal dan vertikal, dibuat miring demikian sehingga kita merasa pengen memiringkan kepala untuk melihatnya (asal jangan otak aja ikut miring). cukup mempermudah ketika akan mencari buku yang kita inginkan, karna biasanya pada posisi normal (buku tegak di rak buku konvensional) kita harus memiringkan kepala untuk membaca judul yang biasanya dtaruh dipinggir buku, aku rasa dengan model yang seperti kita nggak perlu terlalu memiringkan kepala untuk bisa membaca judul bukunya. Dan kelebihannya lag

Bagaimana Cara Mencegah Session Hijacking Pada Website?

Ada yang belum pernah mendengar istilah Session hijacking? Atau Anda sudah sering mendengar hal ini? Ya,   Session hijacking ini biasanya menggunakan metode captured, brute forced atau reserve enggineered guna memperoleh ID session, yang untuk selanjutnya memegang kendali atas session yang dimiliki oleh user lain tersebut selama session berlangsung. Masih belum jelas? Hmhm.. Mungkin contoh lainnya lagi adalah,Session Hijacking merupakan aksi pengambilan kendali session milik user lain setelah sebelumnya “pembajak” berhasil memperoleh autentifikasi ID session yang biasanya tersimpan dalam cookies. HTTP merupakan protokol yang stateless, sehingga perancang aplikasi mengembangkan suatu cara untuk menelusuri suatu state diantara user-user yang koneksi secara multiple. Aplikasi menggunakan session untuk menyimpan parameter-parameter yang relevan terhadap user. Session akan terus ada pada server selama user masih aktif / terkoneksi. Session akan otomatis dihapus jika user logout at